Gubernur Diwakili Praseno Hadi Buka Musrenbangtan Sulut Harapkan Komitmen tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

oleh -1891 Dilihat

REPORTASEManado– Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Praseno Hadi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (MUSRENBANGTAN) Tahun 2024 sekaligus harapkan kegiatan ini memantapkan koordinasi, sinergitas dan komitmen kita dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat setinggi- tingginya.
Lanjut Praseno saat membacakan sambutan Gubernur, dalam perekonomian nasional, sektor pertanian memegang peranan sangat penting dan strategis, karena disamping menjadi penyediaan bahan mentah bagi industri dan menghasilkan devisa negara melalui ekspor non migas, sektor pertanian juga senantiasa menjadi sektor yang mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi sebagian besar penduduk, bahkan tercatat dalam dua dekade terakhir ini, sektor pertanian mampu menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam menghadapi krisis pangan yang melanda Indonesia.
“Terkait dengan itu, sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Pendapatan Perkapita Indonesia akan Mencapai Tingkat Kesejahteraan Setara Negara- Negara Berpenghasilan Menengah Atas Yang Memiliki Kondisi Infrastruktur, Kualitas Sumber Daya Manusia, Layanan Publik, Serta Kesejahteraan Rakyat Yang Lebih Baik. Oleh karenanya, pemerintah telah menggariskan pembangunan nasional dalam RPJMN 2020-2024 dengan sasaran mewujudkan masyarakat indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan diberbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan yang kompetitif diberbagai wilayah yang didukung sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Dari upaya yang telah kita tempuh sejauh ini, tidak dapat dipungkiri berbagai capaian atau hasil yang signifikan telah bersama-sama kita raih. Dan, kita perlu berbangga bahwa angka kemiskinan di tahun 2022 turun hingga 0,49% dibanding tahun 2021, “tuturnya
Hadi pun menambahkan keberhasilaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memperoleh penghargaan atas prestasi kerja yang kita laksanakan antara lain, penghargaan PRIMANIYARTA 2022 di bidang. ekspor perikanan dan pertanian, dengan dibukanya direct call eskpor hasil perikanan rute penerbangan Manado-Jepang, serta penghargaan THE BEST PARITRANA AWARD, dimana Sulawesi Utara menjadi role model pelaksanaan program jaminan perlindungan sosial khusus pekerja sosial keagamaan, dan petani/buruh petani melalui program andalan Perlindungan bagi Pekerja Sosial Keagamaan.(PERKASA), dan Perlindungan bagi Petani dan Buruh Petani (PESONA). Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan kita sekalian dan masyarakat Sulawesi Utara secara umum, termasuk di dalamnya masyarakat petani dan peternak serta stakeholders di dunia pertanian. Namun Gubernur lewat Asisten Hadi mengingatkan jangan terlena dengan berbagai prestasi yang telah dicapai melainkan berupaya untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan prestasi yang telah dicapai karena mengingat laju pertumbuhan penduduk dan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, serta berbagai tantangan lainnya yang semakin kompleks.
” Karena itu, lewat MUSRENBANGTAN Provinsi Sulawesi Utara saat ini, diharapkan betul-betul kita aplikasikan sebagai wahana untuk menyusun rencana, program dan anggaran kinerja pembangunan pertanian, guna memacu Terwujudnya Sistem Pertanian yang Terintegrasi dan Ramah Lingkungan berbasis Mekanisasi dengan Memanfaatkan Sumber Daya Lokal untuk Kedaulatan Pangan dan Kesehjahteraan Petani/Peternak, serta untuk mewujudkan target utama arah pembangunan pertanian di Provinsi Sulawesi Utara,” tandasnya
Sementara itu Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut Nova Pangemanan menyatakan kegiatan ini untuk mensinergikan sekaligus sebagai koordinasi kerja dalam mendukung program ODSK sehingga Sulut semakin hebat dan sejahtera. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.