Jaga Pasokan dan Stabilitas Harga, Pemprov Sulut Gandeng Bulog Gelar Operasi Pasar

oleh -843 Dilihat

REPORTASEManado – Guna menjaga stabilitas harga pangan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menginstruksikan jajarannya bersinergi dalam melakukan pelayanan dan pengawasan terutama beras sepanjang tahun 2023.
Buktinya Pemprov Sulut baik Dinas Ketahanan Pangan dan Biro Perekonomian menggandeng Perum Badan Usaha Logistik (BULOG) Kantor Wilayah Sulut dan Gorontalo melaksanakan program Beras Medium SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan)  melalui Operasi Pasar yang dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sulut DR Praseno Hadi bersama Pimpinan Wilayah Bulog Sulut Gorontalo Abd. Muis S. Ali, dengan meninjau langsung pelaksanaan program KPSH di Pasar Bersehati Manado, Jumat (26/05/2023) pagi
Turut dalam kegiatan ini, Kepala Biro Ekonomi Setda Provinsi Sulut, Lukman Lapadengan, Manager Operasional BULOG Sulut M. Yatsir, Manager Bisnis BULOG Sulut Sherly Ransingin, Dinas Pangan Daerah Sulut, Satgas Pangan Sulut dan Perwakilan BI.
Menurut Praseno, Operasi Pasar atau Program SPHP bersama BULOG akan dilakukan sepanjang tahun hingga 31 Desember. Ini menurutnya sesuai Instruksi Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.
“Pak Gubernur dan Wagub meminta kami untuk mengawal agar ketersediaan, pasokan dan harga pangan bisa dikendalikan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” ujar Pras (sapaan pria berkacamata ini).
Lanjut dikatakannya, kegiatan Operasi Pasar terbukti efektif menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen.
“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena Pemprov menjamin ketersediaan bahan pangan lewat kegiatan Operasi Pasar. Kami akan terus melakukan monitoring bersama Satgas Pangan,” kata dia.
Lanjut Pras menerangkan, pagi ini disalurkan beras premium dan beras medium ke pasar Bersehati sebanyak 20 ton. Ini akan continue sampai dengan tanggal 31 Desember 2023 yang akan disalurkan juga ke pasar2 di Kabupaten/Kota Provinsisi Sulut.
“Untuk beras medium SPHP dapat dijual kembali dengan harga Rp. 9.450,-. Sedangkan untuk beras Premium bisa dijual dengan harga Rp. 13.900-,” terangnya.
Pemimpin Wilayah BULOG Kanwil Sulut Gorontalo, Abd. Muis S. Ali mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk memastikan program KPSH yang sudah berjalan lancar sepanjang tahun ini makin dimasifkan agar tidak ada gejolak harga di tingkat konsumen.
“Masyarakat jangan khawatir, BULOG Kanwil Sulut dan Gorontalo menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau,” ucap Abd. Muis S. Ali.
Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari Tiga Pilar Ketahan Pangan yang ditugaskan kepada BULOG yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas.
“Yang menjadi fokus kami saat ini adalah stabilitas harga beras di masyarakat, untuk itu kami berupaya semaksimal mungkin melaksanakan program stabilisasi tersebut tanpa ada unsur kepentingan apapun kecuali kepentingan rakyat, terlebih ditengah situasi seperti sekarang,” ujarnya.
Ditambahkannya pula kegiatan pagi ini disalurkan beras premium dan beras medium ke pasar bersehati sebanyak 20 ton dan akan continue sampai dengan tanggal 31 Desember 2023 yang akan disalurkan juga ke pasar-pasar di Kabupaten/Kota di Propinsi Sulut.
Untuk itu, BULOG terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna menjaga harga beras di tingkat konsumen tetap stabil atau tidak mengalami lonjakan. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.