Wagub Kandouw Apresiasi Inaproduct dan Kemenkop UKM, Telah Bersinergi Kembangkan Produk Lokal

oleh -798 Dilihat

REPORTASEMANADO – Wagub Sulut Steven Kandouw menghadiri sekaligus membuka Roadshow Klinik: Kelas Akselerasi Digital, yang diinisiasi oleh Inaproduct, dan didukung Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Rabu (15/03/2023)
Dikatakan Wagub Kandouw, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentu menyambut gembira dan merespon positif kegiatan bernilai strategis ini, serta memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua komponen Inaproduct, serta jajaran Kementerian Koperasi dan UKM, yang telah bersinergi, dalam memprakarsai acara ini.
” Kita menyadari bahwa kemajuan suatu daerah, bangsa dan negara di era globalisasi ini, akan dapat dicapai apabila memiliki kemampuan untuk membangun dan mengembangkan sinergitas dan kerjasama antar berbagai stakeholders pembangunan, baik pada tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional, “tandas Kandouw
Dikatakannya pula, kapasitas dalam memanfaatkan/mengembangkan potensi dan peluang kerjasama ini kemudian menjadi penting. Dari sisi produk lokal atau produk unggulan daerah seperti produk olahan pangan yang meliputi VCO (Virgin Coconut Oil) dan olahan pangan ikan, serta produk Kriya berupa anyaman, kerajinan dan meuble, perlu terus dikembangkan. Begitu pula produk fashion Sulawesi Utara seperti kain Wastra dalam bentuk kain Waya, kain Bentenan, kain Manado, kain Pinabetengan, yang sudah cukup dikenal sampai ke mancanegara.
Dijelaskannya pula, produk lokal boleh dikatakan memiliki kekuatan dalam menopang kemajuan suatu daerah, bangsa dan negara. Apalagi bagi daerah-daerah di wilayah Sulawesi Utara sedang menggenjot sektor-sektor yang berkorelasi dengan pengembangan produk lokal, seperti sektor pariwisata. Terlebih KEK Likupang yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia, kini sedang dipacu pengembangannya, untuk membuka peluang investasi dan untuk mewadahi sektor ekonomi kreatif, dan UMKM.
” Selama ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara senantiasa menjadikan UMKM bersama segala produk unggulan daerah, sebagai penopang pembangunan, dalam memfasilitasi perdagangan, menciptakan lapangan kerja baru dan peluang-peluang ekonomi, serta memperluas pasar. Seiring perkembangan teknologi dan cepatnya peroleh informasi yang telah turut mengubah tatanan dan citra UMKM di tengah kehidupan masyarakat,”tuturnya. Ditambahkannya pula, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengarahkan masyarakat untuk bisa memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang pesat, serta menyesuaikan diri dengan digitalisasi ekonomi di zaman sekarang ini. Namun demikian, kembali lagi, bahwa untuk optimalisasi dan mengakselerasi upaya-upaya dalam memajukan daerah maupun mengembangkan UMKM, membutuhkan kerjasama dari semua elemen pembangunan dan masyarakat. “Disamping itu, tekad untuk saling mendukung, saling melengkapi, bangkit dan maju bersama. Karena itulah, kegiatan ini sangat kami respon positif. Kegiatan ini tentu akan menjadi pemicu dan pemacu bagi pelaku-pelaku usaha, pelaku-pelaku ekonomi kreatif, pelaku-pelaku UMKM, pemilik brand lokal dan segenap stakeholders terkait, dalam upaya pulih dan bangkit, mengembangkan sektor UMKM untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama, serta ikut mendorong perekonomian di daerah,”tutupnya.
Secara umum, pastinya ini merupakan peluang sekaligus tantangan untuk mendorong digitalisasi ekonomi, mendorong perdagangan barang melalui layanan e-commerce, terlebih khusus untuk pelaku usaha, pelaku ekonomi kreatif, dan pemilik brand lokal.
Wagub Kandouw berharap, pelaksanaan Roadshow Klinik ini akan berjalan baik, dan dapat dimanfaatkan bersama. Sehingga ada outcome, yang nantinya dapat semakin mengarahkan dan menggairahkan perekonomian daerah, mendorong kreativitas dan perluasan kegiatan ekonomi, mengembangkan produk unggulan daerah maupun produk lokal, dimana ini menjadi instrumen bagi kita menuju kemajuan sekaligus munculnya inovasi-inovasi serta kreativitas dalam rangka membuat kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan bersama.
Hadir dalam kegiatan ini Rama Mugiharto Subagio- Managing Director Inaproduct, Hilmi Adrianto – Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia serta Kadis Koperasi dan UMKM Sulut Ronal Sorongan. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.