Serahkan Bantuan Beras Bagi Korban Bencana, Wagub Kandouw Tegaskan Ini Bukti Pemerintah Hadir Bagi Masyrakat

oleh -972 Dilihat

REPORTASEMANADO Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw secara simbolis menyerahkan bantuan beras cadangan pangan Pemerintah Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bagi dua daerah yang terkena bencana alam, yakni di Kecamatan Tondano Timur Kabupaten Minahasa dan Kecamatan Khusus Kepulauan Miangas Kabupaten Talaud, Rabu (15/03/2023)

Bantuan beras sebanyak 8,28 ton ini disalurkan di Lobi Kantor Gubernur Sulut.

Wagub Kandouw mengatakan bantuan ini merupakan kepedulian Gubernur Olly Dondokambey terhadap masyarakat terdampak bencana alam.

“Pemerintah selalu hadir. Bantuan hari ini implementasi pemerintah hadir di tengah masyarakat,” tandas Wagub seraya menambahkan bantuan ini disalurkan merupakan usulan dari pemerintah daerah yang terkena bencana alam.

“Menurut hemat saya, dari segi kuantitas tak banyak. Tapi, ini wujud kepedulian pemerintah pascabencana,” pungkasnya.

Berangkat dari kejadian bencana, Wagub Kandouw pun mengingatkan kepada masyarakat di Sulut untuk beradaptasi.

“Pada prinsipnya Sulut termasuk daerah letaknya paling potensi bencana, banjir, longsor dengan kata lain kita sebagai pemerintah dan masyarakat harus selalu siap,” ujar Kandouw.

“Kita harus mampu beradaptasi dengan keadaan ini,” sambungnya.

Selain itu, diminta orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai ini, keadaan ini harus mampu melakukan mitigasi. Dan diingatkan masyarakat berprilaku ramah dengan alam.

“Kita harus punya road map mitigasi,” tuturnya sekaligus Kandouw pun mengapresiasi pihak Bulog yang selalu menyediakan stok cadangan beras.

Ia pun mendorong masyarakat menyiapkan cadangan pangan. Seperti di Jepang, yang sudah menyiapkannya karena daerahnya rawan bencana.

“Masyarakat harus dibiasakan punya cadangan pangan. Jangan terpaku dengan beras. Bisa dengan ubi-ubian,” terangnya.

Hadir dalam penyaluran ini, di antaranya Asisten II selaku Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pangan Daerah Sulut Praseno Hadi, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut Lukman Lapadengan, pihak Bulog Sulut, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Lynda Watania dan Sekretaris Daerah Kabupaten Talaud.(**/Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.