Buka Rakorev Optimalisasi Peran dan Fungsi SPKT Ini 7 Pesan Gubernur Olly

oleh -766 Dilihat

REPORTASEMANADO –  Sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor strategis dalam pembangunan daerah kita. Sulawesi Utara yang dikenal dengan kekayaan laut memiliki potensi besar yang harus dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah. Hal ini diungkapkan Gubernur Sulut Prof DR (HC) Olly Dondokambey saat membuka kegiatan Rakorev  Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SPKT) Dagho dan SKPT Salibabu, serta Pelabuhan Perikanan Tanjung Sidupa yang digelar Badan Perbatasan Daerah Sulut di Aston Hotel, Senin (24/06/2024)

Lanjut Gubernur Olly melalui Asisten Administrasi Umum DR Fransiscus Manumpil didampingi Kaban Perbatasan Djemmy Gagola, terkait hal ini kita semua menyadari bahwa masih terdapat beberapa kendala dalam optimalisasi peran dan fungsi SKPT yang ada di wilayah kita, termasuk SKPTDagho, SKPT Salibabu, dan Pelabuhan erikanan Tanjung Sidupa.

” Oleh karena itu, melalui rapat koordinasi dan evaluasi ini, saya berharap kita dapat bersama- sama mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang ada,” tandas Gubernur

Selanjutnya, Gubernur menyatakan ada beberapa 7 hal penting yang ingin disampaikan sebagai arahan yakni

1. Evaluasi dan Identifikasi Permasalahan Lakukan evaluasi menyeluruh terhadap permasalahan yang menyebabkan tidak optimalnya beberapa SKPT ini. Identifikasi secara detail hambatan-hambatan yang ada, baik dari segi infrastruktur, manajemen, maupun aspek teknis lainnya.

2. Peningkatan Koordinasi Antar Lembaga Tingkatkan koordinasi antar lembaga terkait, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Sinergi yang baik antara pemerintah daerah, dinas kelautan dan perikanan, serta pihak-pihak terkait lainnya sangat diperlukan untuk mempercepat penyelesaian masalah.

3. Penguatan Kapasitas dan Sumber Days Manusia. Pastikan bahwa sumber daya manusia yang bertugas di SKPT memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai. Program pelatihar dan peningkatan kapasitas perlu terus dilakukan agar mereka mampu menjalankan tugas dengan baik.

4. Pemanfaatan Teknologi dan Inovasi Dorong pemanfaatan teknologi dan inovasi daları operasional SKPT. Penggunaan teknologi modern dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja serta meminimalisir kendala-kendala yang ada.

5. Perbaikan Infrastruktur dan Sarana Pendukung. Lakukan perbaikan dan peningkatan infrastruktur serta sarana pendukung di SKPT. Infrastruktur yang memadai akan sangat mendukung kelancaran operasional dan pelayanan kepada masyarakat.

6. Peningkatan Pengawasan dan Monitoring Tingkatkan pengawasan dan monitoring terhadap operasional SKPT. Pastikan setiap egiatan berjalan sesuai dengan rencana dan aturan yang telah ditetapkan.

7. Kolaborasi dengan Masyarakat dan Pelaku Usaha. Libatkan masyarakat dan pelaku usaha dalam pengelolaan SKPT. Partisipasi aktif dari mereka akan memberikan kontribusi positif dalam mengoptimalkan peran dan fungsi SKPT.

Gubernur pun berharap rapat koordinasi dan evaluasi ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkret yang dapat segera diimplementasikan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi SKPT Dagho, SKPT Salibabu, dan Pelabuhan Perikanan Tanjung Sidupa.

“Mari kita bekerja bersama-sama dengan penuh semangat dan dedikasi demi kemajuan sektor kelautan dan perikanan Sulawesi Utara, ” tandas Gubernur.

Sementara itu, Maryati Tingginehe Plh Kabid Koordinasi Pelaksanaaan Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan selaku panitia pelaksana menyatakan maksud tujuan kegiatan menghimpun, mengkoordinaskkan dan mensinergikan masukan dan informasi serta menyatukan persepsi sehingga bisa mendapatkan hasil kesepakatan bersama.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Kelautan Perikanan DR Tienneke Adam.yang juga sebagai nara sumber, Kepala Biro Umum Reiner Dondokambet serta sejumlah pejabat dari Kabupaten/kota. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.