Disbud Sulut Sukses Gelar Asessment Mandiri Tim Cagar Budaya, Sekprov Beri Apresiasi 

oleh -1115 Dilihat

REPORTASEManado– Kegiatan Assessment Mandiri Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Dinas Kebudayaan daerah Provinsi Sulut, dibuka secara resmi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Sulut Denny Manggala mewakili Sekprov Steve Kepel, Senin,27/3/2023 di salah satu Hotel di kota Manado.

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut Jani N. Lukas. S.Pi., M.Si dalam laporannya mengatakan kegiatan Sertifikasi Mandiri Tim Ahli Cagar Budaya ini sebagai amanat UU nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang mewajibkan Provinsi dan Kabupaten Kota membentuk Tim Ahli Cagar Budaya.

“Diharapkan dari Kegiatan ini akan diperoleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) di tingkat Provinsi dan Kab Kota se Sulawesi Utara yang nantinya akan bertugas untuk merekomendasikan kepada Kepala Daerah agar Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang tersebar di daerah ini ditetapkan, ” harap Lukas

Dikatakannya pula, penetapan cagar budaya adalah pekerjaan rumah besar yang harus dikerjakan dengan maksimal karna ini menyangkut juga Indikator Kinerja Utama (IKU) Kepala Daerah baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan percepatan penetapan berbagai potensi objek diduga Cagar Budaya dapat dimaksimalkan sehingga warisan masa lampau yang bernilai dalam wujud benda dapat dilestarikan secara konsisten.”tandas Jani Lukas

Sementara Sekprov Sulut melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr.Deni Mangala, M.Si memberi apresiasi kepada pihak Dinas Kebudayaan Daerah Sulut yang telah berhasil melaksanakan pertama kalinya kegiatan Asesmen yang menghadirkan Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) KemdikBud Ristek, dimana kegiatan ini bila dilaksanakan di Pusat akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Kiranya melalui pembekalan dan Assessmen yang sementara dilaksanakan akan menciptakan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) akan makin mendorong dan menstimuling serta mengendorse perkembangan pariwisata sulut dengan penetapan objek objek Cagar Cagar yang Bisa direkomendasi sebagai cagar budaya utk menunjang pariwisata Sulawesi Utara, “tukasnya

Selanjutnya Mangala membuka secara resmi kegiatan Assessment Mandiri Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Dinas Kebudayaan daerah Provinsi Sulut.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh narasumber Ibu Dra.Sri Hartini, M.Si Ketua Tim LSP Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, bersama Tim, Kepala dinas kabupaten kota, akademisi, budayawan, seniman, staf khusus gubernur dan seluruh peserta. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.