Open Chess Tournament Piala Gubernur Sulut 2023, Olly Dondokambey Support 695 Pecatur

oleh -1026 Dilihat

REPORTASE Manado-Open Chess Tournament Piala Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) Cup 2023 resmi bergulir, Jumat (17/2) di Graha Bumi Beringin Manado.
Kejuaraan tingkat nasional dengan hadiah Rp100 juta ini disupport langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE.
Adapun jumlah peserta yang ikut sebanyak 695 peserta dari 15 provinsi, 27 kabupaten/kota dari tingkat SD sampai umum.
Gubernur Olly pada kesempatan itu menuturkan dalam upaya mencetak atlit tidak instan.
“Harus ada pembinaan dari bawah sampai atas,” tuturnya.
Olly Dondokambey (OD) Cup serangkaian dengan pelantikan Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia Provinsi (Pengprov Percasi) Sulut periode 2022-2026.
Pada momen yang sama, Gubernur Olly Dondokambey mengajak pengurus Percasi Sulut membangun kebersamaan memajukan olahraga catur di Sulut.
“Harapan kami, bekerja sama dengan pemerintah untuk menggalakan kembali iven catur di Sulut. Pemerintah mensupport seluruh kegiatan ini. Baik kab/kota maupun provinsi,” kata Gubernur Olly.
“Pekan Olah Raga (PON) tahun lalu, Sulut bisa merebut medali tanpa atlit luar. Mudah-mudahan bisa berjalan terus. Semangat terus. Mari sama-sama bangun kebersamaan untuk memajukan olahraga catur di Sulut,” tukasnya.
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Percasi Utut Adianto menyebut Sulawesi Utara adalah gudangnya para pecatur.
“Dulu di timnas, kalau ada enam pemain satu di antaranya ada pemain Sulut. Sekarang ke mana? Saya tidak yakin kalau di sini tidak ada pemain. Harus lebih disiplin. Buat pelatihan buat SD, SMP, SMA,” ujarnya.


Menurut Utut Adianto, periode pertama Pengurus Percasi Sulut akan sibuk dengan membangun fondasi. Siklus melatih, bertanding dan evaluasi.
“Jalankan melatih. Tanpa dilatih dan bertanding tidak akan maju. Ditambah harus ada evaluasi. Tugasnya tidak mudah. Keahlian dan grand master hanya didapat dari latihan, pertandingan maupun evaluasi,” ungkapnya.
Dia menambahkan, menjadi pengurus Percasi Sulut merupakan tugas mulia. Dia juga berkeinginan melihat lahirnya grand master dari Sulut di tahun mendatang.
“Ini tugas mulia. Akan sulit mengharapkan pujian. Yang ada nanti cacian. Ini adalah bagian yang harus dijalani. Kita bangkitkan catur Sulut hebat. Kita bangun seperti kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey,” pungkasnya.
Adapun Apriano Ade Saerang, Ketua Umum Percasi Sulut yang dilantik berterima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey yang selalu mensupport kegiatan Percasi untuk bisa menciptakan atlit di masa mendatang.
“Seperti kata Grand Master Utut Adianto, Sulut itu gudang atlit catur. Kita akan kembalikan kejayaan. Mencari bibit dan berusaha Sulut menjadi yang terbaik di skala nasional dan internasional,” beber dia.
Dia pun mengaku bangga mendapatkan mandat menjadi Ketua Umum Percasi Sulut. “Saya tidak bekerja sendiri. Tentu ada peran dari pengurus dengan menjalankan moto Sulut Hebat,” tandasnya.(**/Ven)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.