Sulut Hebat, 7 Tahun Kepemimpinan ODSK Berikan Bukti Nyata Keberhasilan

oleh -1074 Dilihat

REPORTASE Manado– Minggu (12/02/2023) hari ini genap 7 tahun Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw memimpin Daerah Nyiur Melambai. Selama memimpin Gubernur dan Wakil Gubernur pilihan langsung rakyat Sulut dan populis dengan panggilan ODSK, telah sukses berikan bukti nyata keberhasilan disegala sektor sehingga membawa Sulut semakin hebat.


Bukti nyata komitmen membangun untuk kesejahteraan masyarakat, Gubernur dan Wakil Gubernur telah dianugerahi banyak penghargaan. Adapun Penghargaan atas kinerja OD-SK:
1. Penghargaan Harmony Award Tahun 2021 dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB).
2. Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (PPT) dengan kategori “sangat baik”.
3. Penghargaan BKN Award 2022.
4. Penghargaan Primaniyarta 2022 dari Presiden Joko Widodo.
5. Penganugerahan Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori
Pemerintah Provinsi, dengan predikat “The Best”.
6. Penghargaan Bl Award 2022 dari Bank lndonesia (B).
7. Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik dalam Melaksanakan
Pembangunan melalui Program Regional Project Closing Workshop Infrastruktur
Development Fund (RIDF).
8. Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),
dengan predikat “Baik”.
9. Penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Pengarah Satgas Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), mendapatkan posisi terbaik II dalam kategori provinsi wilayah Kawasan Indonesia Timur yang dinilai optimal melakukan akselerasi digitalisasi.
10. Penghargaan dari Ombudsman Rl, peringkat pertama Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dengan nilai 98,15 pada opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.


Tak hanya berbagai penghargaan yang diterima, saat pandemi Covid 19 menghantam Sulut, tidak lantas membuat ODSK miskin inovasi tetapi sebaliknya. Hasil nyata pun terwujud. Dengan tekad Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Potret Ekonomi Sulawesi Utara di bawah Kepemimpinan ODSK, Perekonomian Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan Il 2022 tumbuh positif 5,93% (yoy) Ini lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan sebelumnya yang tercatat 3,89% (yoy). Dengan capaian tersebut, kinerja perekonomian Sulut tercatat lebih tinggi dibandingkan nasional yang tumbuh 5,44% (yoy). Seiring dengan kinerja perekonomian Sulawesi Utara yang tetap tumbuh triwulan I. perbankan meningkat, terutama ditopang oleh penyaluran kredit modal kerja dan kredit konsumsi, yang mengindikasikan perbaikan perekonomian daerah terus berlanjut dengan perekonomian positif pada kredit 2022.


Begitu juga tingkat pengangguran di Daerah Nyiur Melambai turun drastis. ODSK Tunjukan Bahwa Lewat Kerja Bersama Kita Bisa Menghadapi Berbagai Tantangan Kondisi ketenagakerjaan Sulawesi Utara (Sulut) pada periode laporan terus menunjukkan perbaikan di tengah peningkatan jumlah angkatan kerja.
Hal ini tercermin dari turunnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 7,28% pada Februari 2021, menjadi 6,51% pada Februari 2022. Penurunan angka TPT ini, tidak terlepas dari proses pemulihan perekonomian ulut sepanjang triwulan IV- 2021 dan triwulan II- 2022 yang telah mendorong meningkatnya kemampuan dunia usaha dalam melakukan penyerapan tenaga kerja.


Angka kemiskinan Sulut turun 11,2 Ribu Jiwa. Kondisi kesejahteraan di Sulawesi Utara tercatat juga mengalami perbaikan, tercermin dari data terakhir tingkat kemiskinan yang menurun. Jumlah penduduk miskin di Provinsi Sulawesi Utara pada Maret 2022 menurun sebesar 11,2 ribu jiwa dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Tak hanya itu, Tahun Ini ODSK membuka penerbangan langsung Pulang Pergi Yakni Manado- Korea dan Manado- Jepang. Sektor Pariwisata yang di awal-awal kepemimpinan ODSK menjadi primadona sebelum akhirnya lesu saat terkena pandemi covid 19 kembali menunjukkan asa-nya. Kebijakan di atas dinilai mampu untuk membangkitkan gairah pariwisata.


Ini merupakan bukti nyata bukan janji dengan berbagai terobosan ODSK hingga 7 tahun kepemimpinan, selamat dan sukses ODSK untuk Sulut semakin hebat bagi daerah Sulawesi Utara yang terus berkembang pesat dari semua sektor.
Dalam rangkaian itu, sebagai bentuk syukur, Senin (13/02/2023) pagi bertempat di ruang Mapalus digelar ibadah syukur yang dihadiri langsung Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekprov Steve Kepel, Asisten, Kepala SKPD hingga ASN lingkup Pemprov Sulut.
Sebelum pelaksanaan ibadah, Gubernur Olly live di salah satu TV Nasional. Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Sulut itu menyampaikan keberhasilan-keberhasilan sejak memimpin Sulut hingga program-program yang akan dilaksanakan. Tentunya keberhasilan dari semua sektor adalah wujud mensejahterakan masyarakat Sulawesi Utara.
Lanjut Gubernur pilihan langsung rakyat Sulawesi Utara itu, kita bersyukur karena tuntutan dan penyertaan Tuhan tujuh tahun kepemimpinan OD-SK banyak keberhasilan diberitakan media, sehingga menjadi cerita.
Tuntunya lanjut Gubernur, hasil ini ditopang semua jajaran pemerintah Provinsi Sulut. Karena kita benar-benar bekerja untuk rakyat hingga hasilnya pun kita sudah bisa rasakan dan lihat saat ini.
”Apa kita janjikan sudah dilaksanakan penuh tanggung jawab. Kita pemerintah hadir melayani masyarakat Sulawesi Utara.
Ibadah syukur dilaksanakan secara sederhana dan kidmat, dipimpin Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa. Di penghujung pelaksanaan ibadah Pendeta Lucky selain mendoakan Sulawesi Utara terus berkembang di tangan ODSK, sekaligus mendoakan secara khusus Gubernur Olly dan Wagub Steven .(advertorial kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.