Pemprov Sulut Utus 2 Penari Tampilkan Tarian dari Kotamobagu di Pagelaran Taman Budaya se-Indonesia

oleh -701 Dilihat

REPORTASEMANADO – Pergelaran seni temu karya taman budaya se-Indonesia ke XX diikuti perwakilan Sulawesi Utara sekaligus menampilkan tarian asal Bolmong yang diperankan Dominicus Mangamis dan Theresa Monangin. Hal ini diungkapkan Kadis Kebudayaan Janny Lukas didampingi KUPTD Ferdy Tamarindang, serta Penanggung Jawab Teknis Kepala Seksi Taman Budaya Ivan Besouw, SE, M.Si.
Menurut Besouw Sulut akan menampilkan tarianTen Motobatu Molintak Kon Talabuan sebagai kehadiran dalam Temu Karya Taman Budaya se Indonesia ke XXII di Provinsi Jawa Barat
Dikatakannya pula, dalam penampilan tarian diikuti sangar seni budaya Tiara Fitra Kotamobagu
Besouw pun menjelaskan Sinopsis Tari Motobatu Molintale kon Totabuan artinya Bersatu, berjuang membangun daerah Totabuan. Tarian ini, menggambarkan tentang keperkasaan dan kesatrian para pemimpin Bogani dalam membela, melindungi dan memperjuangkan hak-hak masyarakat dengan memiliki hemampuan fisik yang buat bersifat pemberani, bijaksana, berpikiran cerdas dan disegani oleh masyarakat serta mempunyai tanggung jawab terhadap kesejahteraan dan keselamatan seluruh masyarakat dari gangguan musuh yang datang menyerang di tanah totabuan, sehingga dengan jasa yang dimiliki oleh para pemimpin Bolaang Mongondow pada saat itu.
“Dengan demikian masyarakat mengabadikanya berupa Patung Bogani dan Tugu sebagai simbol para leluhur oleh masyarakat Provinsi Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara,”tuturnya.
Sesuai tampil tim sangar dari Sulut menerima ucapan terima kasih dari Kepala Taman Budaya Jawa Barat. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.