Sampah di Area Gardu Induk Tasik Ria dekat Desa Mokupa Menumpuk dan Berserakan

oleh -428 Dilihat

REPORTASEMANADO, Minahasa – Sampah di area Gardu Listrik Tasik Ria dekat Desa Mokupa, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, terus menumpuk, berserakan dan bau.

Dari penelusuran awak media ini, Kamis (6/7/2023), seorang karyawan, berinisial KP, di gardu listrik tersebut mengatakan mereka sangat terganggu dengan keadaan sampah yang terus memburuk.

“Apalagi bila hujan deras, sampah ini bisa hanyut sampai ke pos security,” katanya.

KP juga mengakui dari kantor mereka telah menyurati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa, tembusan Hukum Tua Desa Mokupa dan Camat Tombariri bulan Februari lalu.

“Kami berharap pemerintah desa lebih memperhatikan dengan terus menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak buang sampah di sini,” ujarnya.

“Dilema si, mereka harus buang sampah di mana? Makanya kami juga memohon pemerintah kabupaten menyediakan lahan khusus Tempat Pembuangan Sampah yang lebih tepat bagi masyarakat, khususnya dari Desa Mokupa,” lanjut KP.

Hal serupa juga dituturkan oleh seorang warga Desa Mokupa yang kebetulan kedapatan membuang sampah di tempat itu dengan jumlah yang banyak.

“Dari dulu semua tahu ini tempat buang sampah. Dari sejak saya masih kecil, ini sudah jadi tempat buang sampah,” ungkap warga berinisial SA tersebut yang merahasiakan nama lengkapnya.

Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Hukum Tua Desa Mokupa Susanna Warouw yang baru menjabat mengatakan akan segera mengambil tindakan.

“Besok hari Jumat saya akan printahkan Prades kerja bakti di tempat pembuangan sampah itu.,” kata Warouw saat ditemui di Kantor Hukum Tua hari ini, Kamis (6/7/2023).

Dia juga akan menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, dan akan mengusulkan terutama kepada pengusaha-pengusaha untuk membayar iuran.

“Nanti ada kendaraan dari Dinas Lingkungan Hidup yang akan jemput,” lanjutnya. (Reyntje)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.