Dijamin Bisa Bawa Truk 10 Bola dan Alat Berat Lainnya, LPK RBN Jamin Anda Bisa

oleh -2025 Dilihat

REPORTASEMANADO – Peminat orang bekerja di perusahaan tambang sebagai driver dan operator alat berat meningkat beberapa tahun terakhir. Hal ini juga yang dikatakan Direktur Utama Lembaga Pelatihan dan Keterampilan (LPK) Rajawali Buana Nusantara, Steven Pioh, Selasa (4/7/2023).

Dalam bincang-bincang dengan kami awak media ini, Steven mengatakan peminat yang datang sudah puluan orang dari berbagai daerah di Indonesia, serta ada peminat perempuan.

“Peminat ada dari Palopo, Ternate, Tual, Kotamobagu, Gorontalo, Tobelo, Kalimantan Timur, Boltim, Talaud, termasuk yang dari Manado, Minahasa, Bitung dan sekitarnya. Perempuan sudah ada 5 orang yang kami latih,” ujar pria asal Desa Noongan, Kecamatan Langowan ini.

“Pelatihnya telah mendapat sertifikat ToT (Training of Trainers). Mereka ada 3 orang dan menguasai sampai 3 jenis alat berat,” lanjutnya.

Steven juga mengatakan bahwa selain diakui, LPK yang resmi berdiri tanggal 14 Desember 2022 ini adalah satu-satunya LPK di Sulawesi Utara yang mendapatkan rekomendasi dari pemerintah yaitu oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Kotamobagu.

“Salah satu hal kami mendapat rekomendasi dari Pemerintah karena durasi waktu latihan bagi masing-masing peserta yang panjang. Satu jam bagi setiap peserta dalam sekali latihan,”tambahnya.

Alpin Ibrahim, peserta asal Gorontalo, mengakui hal yang sama bahwa waktu latihan per pertemuan cukup lama, ditambah pelatih yang profesional membuat mereka sudah bisa mengoperasikan alat berat kendati sebelumnya belum pernah membawa alat berat Excavator.

“Pertama gugup, karena baru pertama kali tapi lama – lama tidak lagi, dan ternyata bisa. Durasi waktu 1 jam plus pelatih yang profesional membuat kami cepat bisa,” tuturnya.

Sementara itu, Raditia Saelan salah satu pelatih yang menguasai berapa jenis alat berat membeberkan hal penting yang perlu dilatih kepada peserta serta meyakinkan bahwa semuanya berhasil.

“Kami melatih standar SOP K3 (Standar Operating Procedure Keselamatan Kesehatan Kerja) dan kami berharap mereka fokus belajar, dan hasilnya semua berhasil,” jelasnya.

Diketahui alat berat dalam LPK ini adalah Excavator, Dump Truck 10 Roda, Dozer, Motor Grader, dan Wheel Loader yang masing-masing terawat dengan baik.

Untuk peserta yang dari luar Sulawesi Utara atau yang dari jauh, LPK ini menyediakan tempat tinggal/mes. Ini daftar fasilitas lainnya:
1. Konsumsi
2. Kemeja Safety
3. Sertifikat Resmi dari Disnaker
4. Transportasi Antar Jemput

Adapun soal biaya, kata Steven, masih lebih relativ murah. Ini adalah daftar biaya Program Pelatihan:

1. Excavator Rp. 5.000.000
2. DT 10 Roda Rp. 6.500.000
3. Dozer Rp. 5.500.000
4. Motor Grader Rp. 7.000.000
5. Whell Loader Rp. 5.000.000

“Syaratnya, foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah Terakhir, dan pas foto 3×4 latar Merah sebanyak 3 lembar, “kata Steven.

“Alamat kantor ini ada di Perumahan Minanga Indah, Blok F, Kelurahan Malalayang 2, Nomor 58, Manado. Silahkan hubungi nomor ini: 081243739072 dan 081342491049,” tambahnya. (Reyntje)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.