Lynda Watania Hadiri Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

oleh -372 Dilihat

REPORTASEMANADO, Minahasa – Mewakili Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si,(ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si, MM, (RD) Sekda Lynda Wantania MM Msi, menghadiri penilaian kinerja 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting, di the Hotel Sentra Minahasa Utara, Senin, (29/05/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) itu di buka langsung oleh Wakil Gubernur Sulut Steven O. E Kandouw, Senin, (29/05/2023).

Sebagai informasi, 8 aksi konvergensi merupakan instrumen dalam bentuk kegiatan untuk meningkatkan intervensi percepatan penurunan stunting terintegrasi oleh para pelaku di tingkat daerah secara sistematis terintegrasi dan berkelanjutan.

Sekda Minahasa Dr Lynda Wantania, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa dalam peraturan Presiden RI no 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting telah ditetapkan strategi nasional percepatan penurunan stunting berupa 5 pilar yaitu, peningkatan komitmen kepemimpinan, peningkatan komunikasi perubahan perilaku, peningkatan konvergensi, peningkatan ketahanan pangan dan gizi, penguatan dan pengembangan sistem.

“Sesuai dengan amanat Perpres 72 tahun 2021 salah satu peran Provinsi dalam upaya percepatan penanganan dan penurunan stunting adalah menyelenggarakan penilaian kinerja Kabupaten/Kota pada pelaksanaan aksi 1 sampai dengan aksi 8,” kata sekda Watania.

Adapun 8 Aksi konvergensi stunting tersebut sebagai berikut :
Aksi 1 – Analisis Situasi.
Aksi 2 – Rencana Kegiatan.
Aksi 3 – Rembuk Stunting
Aksi 4 – Peraturan Bupati/Walikota tentang Peran Desa.
Aksi 5 – Pembinaan Kader Pembangunan Manusia.
Aksi 6 – Sistem Manajemen Data Stunting
Aksi 7 – Pengukuran dan Publikasi Stunting
Akai 8 – Reviu Kinerja Tahunan. (*/reyntje)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.