Ingatkan Sinergitas, Kerjasama, Rita Tamuntuan Buka Sosialisasi Ketahanan Keluarga Pencegahan Perkawinan Usia Dini

oleh -114 Dilihat

REPORTASEMANADO,  Minahasa – Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan membuka kegiatan Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Perkawinan Usia Dini Anak yang digelar Di Erbido Hills, Tondano Timur, Kabupaten Minahasa Selasa (11/06/2024).

Rita Tamuntuan mengatakan bahwa anak-anak yang menikah diusia muda nantinya dapat mengakibatkan cenderung terhenti jenjang pendidikannya serta rentan terhadap masalah kesehatan reproduksinya serta akan menghadapi kesulitan dalam mencapai stabilitas ekonomi.

“Oleh karena itu hal ini menjadi peran kita semua dalam memberikan pemahaman dan sosialisasi mengenai dampak-dampak yang negatif ini sangatlah penting dimana TP-PKK sebagai mitra strategis pemerintah memiliki hal yang vital dalam mendukung program-program pemberdayaan keluarga dan Perlindungan Anak,” ujarnya

Menurut Rita Tamuntuan melalui kegiatan seperti sosialisasi yang dilakukan ini, berharap dapat hal ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan perkawinan usia dini serta untuk lebih memperkuat ketahanan keluarga.

Lanjut Istri tercinta Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini, bahwa kegiatan seperti ini juga dapat menjadi wadah untuk berdiskusi bertukar pengalaman dan mencari solusi bersama dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

“Saya mengajak seluruh jajaran tim pengerak PKK yang ada di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan lebih khusus yang ada di Kabupaten Minahasa sebanyak 25 Kecamatan untuk berperan aktif dalam memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat khususnya kepada orang tua dan remaja,” harap Rita Tamuntuan sekaligus mengajak mari kita bersama-sama menciptakan Lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak-anak kita serta memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang layak dan lindungi mereka dari berbagi bentuk kekerasan dan eksploitasi.

Rita Tamuntuan juga menyebutkan peran tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting dalam menyampaikan pesan-pesan moral dan etika yang mendukung upaya pencegahan dan perkawinan dini

“Semoga kita semua dapat Bersinergi dan bekerja sama dalam menciptakan keluarga yang harmonis, sejahtera dan berdaya saing untuk masyarakat Sulut,” tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Devi Kartika Kandouw-Tanos, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut Wanda Musu, SE,ME serta instansi terkait di jajaran pemkab Minahasa. (Ven)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.