Gubernur Olly Sampaikan Hal Ini Dalam Perayaan CTI-CFF ke-15

oleh -419 Dilihat

REPORTASEMANADO – Merupakan kehormatan dan hak istimewa yang besar bagi saya untuk berdiri di hadapan Anda hari ini untuk memperingati 15 tahun Inisiatif Segitiga Terumbu Karang untuk Terumbu Karang, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (CTI-CFF), yang dirayakan tahun ini pada Hari Segitiga Terumbu Karang. Dengan Tema kami, “Menyeimbangkan Konservasi Laut dan Ekonomi Biru”, merupakan tema yang tepat waktu dan penting saat kita menavigasi kompleksitas pembangunan berkelanjutan di wilayah kita. Hal ini diungkapkan Gubernur Sulut Prof DR (HC) Olly Dondokambey melalui Assisten Administrasi Umum DR Frangky Manumpil.
” Segitiga Terumbu Karang, sering disebut sebagai “Amazon of the Seas”, adalah pusat keanekaragaman hayati laut global. Wilayah ini mencakup enam negara, termasuk Indonesia, dan merupakan rumah bagi 76% (tujuh puluh enam persen) spesies karang dunia. Wilayah yang luar biasa ini mendukung penghidupan lebih dari 120 (seratus dua puluh) juta orang dan menopang perekonomian melalui perikanan, pariwisata, dan perlindungan pantai,” tandas Gubernur Olly
Lanjut Gubernur, kita berkumpul tidak hanya untuk merayakan tetapi juga untuk merefleksikan tanggung jawab bersama dalam menjaga ekosistem penting. Tujuan ganda yaitu melestarikan lingkungan laut dan mendorong pertumbuhan ekonomi tidak bisa dipisahkan; Tapi ini juga, keseimbangan yang penting agar umur panjang saling berhubungan. sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat kita.
” Upaya konservasi laut di kawasan Coral Triangle telah membuahkan hasil yang signifikan. Proyek kolaboratif kami telah menghasilkan pembentukan kawasan perlindungan laut, pemulihan terumbu karang yang rusak, dan pengelolaan perikanan berkelanjutan,” tukas Gubernur Olly seraya menambahkan Inisiatif-inisiatif ini berperan penting dalam melestarikan keanekaragaman hayati dan meningkatkan ketahanan ekosistem terhadap dampak perubahan kecil.
Ditambahkan Gubernur, dengan berinvestasi pada perikanan berkelanjutan, ekowisata, dan energi kelautan terbarukan, kita dapat menciptakan lapangan kerja dan merangsang pembangunan ekonomi sekaligus memastikan kesehatan ekosistem laut kita. Pendekatan ini tidak hanya mendukung kebutuhan kita tetapi juga melindungi kepentingan generasi mendatang.
” Saat ini kesadaran dan pendidikan masyarakat memainkan peran penting saat kita merayakan Hari Segitiga Terumbu Karang. Melalui program penjangkauan, kampanye pendidikan, dan keterlibatan pemangku kepentingan, kita dapat menumbuhkan rasa kepengurusan dan tindakan kolektif,” tukas Gubernur.
” Jadi mari kita tegaskan kembali komitmen kita terhadap prinsip-prinsip CTI-CFF dan keberlanjutan pengelolaan sumber daya yang tak ternilai di Segitiga Terumbu Karang. Dengan menyeimbangkan konservasi laut dengan itu biru ekonomi,” ajaknya
Hadir dalam kegiatan puncak Direktur Eksekutif CTI-OFF, Yang Mulia Dr. Frank Keith Griffin; dan Republik, Minister of Marine Fisheries of Indonesia, His Excellency Mr. Sakti Wahyu Trenggono: Kadis Perikanan dan Kelautan Sulut DR Tinneke Adam, Pj Bupati Mitra Ronal Sorongan, Pj Bupati Minahasa Jemmy Kumendong, Kabapenda June Silangen, Kadishut Jimmy Ringkuangan, Karo Hukum Flora Krisen. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.