PLN Pastikan PLTD Siladen di Bunaken Siap Menjadi Pilot Project Digitalisasi Pembangkit di Manado

oleh -150 Dilihat

REPORTASEMANADO– PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) terus berupaya memenuhi ketersediaan dan kehandalan pasokan listrik sebagai bentuk komitmen utama yang harus dijaga oleh PLN dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Salah satu metode untuk menjamin hal ini adalah dengan menyediakan monitoring _Supervisory Control and Data Acquisition_ (SCADA) dan digitalisasi peralatan pembangkit pada Sistem Kelistrikan Isolated.

Sistem Kelistrikan _Isolated_ mayoritas masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di mana menggunakan energi primer sebagai bahan bakarnya. Hadirnya sentuhan teknologi maka dapat membuat proses bisnis menjadi lebih lincah.

General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo menjelaskan digitalisasi sektor pembangkit merupakan salah satu dalam pilar transformasi PLN Group. Daerah layanan PLN di Sulawesi Utara memiliki pembangkit yang berada di kepulauan seperti Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen dan Pulau pulau lainnya yang membutuhkan transformasi layanan lebih baik.

“Masuknya digitalisasi pembangkit membuat komunikasi dan pola informasi menjadi lebih akurat dan tepat. Sebagai pilot project, PLTD Siladen yang ada di Bunaken dipasang SCADA untuk memudahkan monitoring dan pemulihan Suplai Listrik,” ungkap Dartomo.

Manager PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Suluttenggo, Lalla menjelaskan bahwa tujuan dari masuknya SCADA pada peralatan pembangkit _Sistem Isolated_ ini berfungsi untuk memudahkan proses evaluasi, monitoring dan pemulihan suplai listrik akibat gangguan.

“Hadirnya SCADA pada pembangkit isolated, maka akan memudahkan dalam hal komunikasi, monitoring, dan pemulihan suplai listrik” ujar Lalla.

Lalla menambahkan hadirnya SCADA pada peralatan pembangkit PLTD atau PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) sistem Sistem Kelistrikan _Isolated_maka akan lebih meningkat dalam hal evaluasi data, monitoring pembebanan, penormalan gangguan akan lebih cepat dan efisien.

“Dengan adanya digitalisasi pembangkit ini, maka kinerja pembangkit dapat dipantau secara _online_ dan realtime sehingga kedepannya tindakan pemeliharaan dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat,” tutup Lalla.

PLN dengan komitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada seluruh masyarakat, dan akan terus hadir membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dalam aspek kelistrikan maupun melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial yang rutin dilaksanakan. PLN juga terus untuk memberikan layanan yang optimal kepada pelanggan dengan menghadirkan aplikasi PLN Mobile, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.