Bakal Dihadiri Wapres RI, Coral Triangle Day Siap Digelar di Sulut

oleh -752 Dilihat

REPORTASEMANADO – Dalam memperingati terbentuknya CTI – CFF  yang diawali event dunia World Ocean Confrence (WOC) dan CTI Summit pada 15 tahun lalu di Manado, akan digelar coral triangle day 2024  d11-12 Juni 2024 di Sulut
Direktur Eksekutif Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI – CFF)  Frank Keith menjelaskan, kegiatan ini merayakan keberadaan, pencapaian serta upaya konservasi laut di masa dating.
Menurutnya Coral Triangle Day 2024 akan dihadiri Menteri dan delegasi dari enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste.
“Dari Indonesia direncanakan hadir Wapres RI Maruf Amin, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,”ungkap Frank Keith Griffin  dalam konferensi pers di Sekretariat Regional CTI – CFF di Kairagi, Manado, Jumat (31/05/2024)
Pada kesempatan tersebut Wakil Direktur Eksekutif Hanung Cahyono mengatakan , acara puncak berlangsung pada dipusatkan CTI Kairagi.
“Acara berupa perayaan 15 tahun keberadaan dan pencapaian kemitraan enam negara, juga akan ditampilkan bazar produk laut dari usaha kecil dan menengah, Wapres RI dan menteri enam negara direncanakan hadir dalam acara tersebut,” terangnya.
Ia menjelaskan, rangkaian acara dimulai pada 26 Mei 2024 yakni Kompetisi Foto Bawah Laut Coral Triangle Day. selanjutnya kegiatan I Love Coral Triangle pada 1 – 2 Juni 2024 di Mantos 3.
“Kemudian ada kegiatan bersih pantai di Manado, Minahasa dan Minahasa Utara,” kata dia.
Ada pula acara seminar pengakuan peran perempuan dalam perikanan dengan keynote speeker Menteri PPPA pada 5 Juni 2024.
Pada 8 Juni 2024 dilaksanakan forum tingkat tinggi tentang modal alamiah laut.
“Kemudian pada 10 Juni ada seminar international tentang kehidupan bawah laut di Unsrat. Akan hadir para pembicara terkenal dari 6 negara,” kata dia.
Ia menuturkan, kegiatan tersebut digelar CTI CFF bekerja sama dengan pemerintah pusat, Pemprov Sulut dan Blue Institute.
Kadis Kelautan dan Perikanan Sulut Tinneke Adam mengatakan, kegiatan itu didukung penuh Pemprov Sulut.
“Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dukung penuh event ini karena akan memberi kontribusi bagi pariwisata Sulut,” jelas Adam yang merupakan Alumni Lemhanas ini. (Ven)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.