Dampingi Menkes, Wagub Kandouw Hadiri Kegiatan Pengembangan Model Layanan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

oleh -422 Dilihat

REPORTASEMANADO- Provinsi Sulawesi Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan Kick Off Pengembangan Model Layanan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Jiwa se Dunia.
Hadir pada kegiatan ini Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang ikut didampingi Wakil Gubernur Provinsi Sulut, Drs Steven Kandouw hadir dalam acara digelar di Hotel Arya Duta Manado, Jumat (27/10/2023).
Wagub Kandouw dalam sambutannya menegaskan bahwa peningkatan layanan kesehatan menjadi salah satu prioritas road map pembangunan di Sulawesi Utara.
Pada kesempatan ini, Steven Kandouw mengungkapkan selama kurun waktu tiga tahun terakhir, Pemprov Sulut telah membangun beberapa rumah sakit termasuk rumah sakit jiwa.
Dalam momentum Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Se Dunia, Wagub Steven mengajak semua pihak satukan tekad untuk peduli kepada orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa.
Sementara itu, Menteri Kesehatan yang diwawancara sejumlah awak media menjelaskan maksud dari program Pengembangan Model Layanan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat.
“Peran untuk melayani kesehatan jiwa tidak semuanya menjadi tanggung jawab rumah sakit, ini akan didorong ke berbasis masyarakat,” ungkapnya.
Dengan kata lain dalam upaya memulihkan kesehatan jiwa seseorang, bukan hanya melibatkan pihak rumah sakit, tapi juga didukung oleh keluarga pasien dan lingkungan, dengan harapan dia dapat pulih dan kembali diterima dalam lingkungan masyarakat.
Dia mengatakan ke depan konsep layanan kesehatan untuk pasien gangguan jiwa akan berubah. Salah satunya dalam perawatan pasien tidak harus di rumah sakit khusus atau rumah sakit jiwa. Tetapi konsepnya rumah sakit umum juga bisa memberikan pelayanan kesehatan jiwa.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.