Transformasi PLN Hasilkan Inovasi Bisnis dan Peningkatan Kapasitas SDM, Dirut PLN Dianugerahi Penghargaan Internasional

oleh -1434 Dilihat

REPORTASEMANADO Jakarta – PT PLN (Persero) sukses menjalankan transformasi yang membuat perusahaan kian positif dan inovatif dalam proses bisnis hingga pengembangan kapasitas sumber daya manusia. Transformasi mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi hingga pelayanan pelanggan membuat perusahaan kian lincah dalam menghadapi tantangan perubahan zaman.

Kesuksesan ini pun tidak lepas dari _tangan dingin_ Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang memimpin transformasi berkelanjutan di segala lini PLN selama tiga tahun terakhir di mana salah satu _output_-nya adalah peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Atas upaya ini Darmawan dianugerahi penghargaan internasional untuk kategori Contribution to HR Community pada ajang The Asia HRD Awards 2023 di Cyberjaya, Malaysia.

Pencapaian ini adalah buah dari keberhasilan membangun organisasi dengan inovasi dan proses bisnis yang mengutamakan kompetensi pegawai. Kategori Contribution to HR Community diberikan kepada para tokoh yang telah menyumbangkan ide beserta penerapannya dengan dampak yang besar sebagai _best practice_ pengembangan _human resources_ yang diakui oleh para praktisi HR.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan penghargaan ini tak lepas dari kerja keras semua insan PLN dengan semangat mengemban tugas untuk melistriki seluruh penjuru Indonesia serta menjalankan transformasi PLN.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini, penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh insan PLN yang sudah bekerja keras, yang sudah bekerja dengan penuh pengertian, penuh pengorbanan dalam menjalankan proses transformasi PLN. Era disrupsi seperti saat ini semua bergerak sangat cepat, sehingga PLN perlu trengginas dan _adaptable_ dalam menjawab tantangan dunia,” tutur Darmawan.

Darmawan menambahkan, penghargaan ini menjadi pemacu semangat untuk terus membawa perseroan bertransformasi menjadi lebih baik lagi. Karena itu, Darmawan mendorong transformasi perusahaan saat ini salah satunya di sisi kompetensi _human capital_ terus berlanjut sehingga membawa perubahan positif bagi perusahaan.

Hal ini juga diadopsi oleh perusahaan karena efektivitasnya dan diadopsi sebagai praktik terbaik dalam dampak global. Asia HRD Awards sendiri merupakan sebuah inisiatif independen yang dibuat untuk memberikan penghargaan kepada organisasi dan individu yang usahanya telah memberikan dampak pada masyarakat.

Apresiasi ini dinilai penting karena upaya dan inisiatif pengembangan sumber daya manusia sering kali menjadi alasan keberhasilan suatu perusahaan dalam pencapaianmya.

Asia HRD Awards diluncurkan pada 2003 dengan 5 penerima dari 2 negara. Hingga saat ini, penghargaan tersebut telah menjadi acara tahunan bergengsi dengan total 302 penerima dari 22 negara.

Penghargaan bergengsi tahun ini dinilai langsung oleh Komite Penghargaan independen yang diketuai oleh Fahmi bin Ali Al Jowder, mantan Menteri Pekerjaan Kerajaan Bahrain dan didukung oleh tim internasional terkemuka.Sepanjang tahun, Komite Penghargaan mempublikasikan dan mengundang nominasi dari seluruh dunia, khususnya Asia. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk mengembangkan praktik terbaik dan menampilkan pengalaman penerima penghargaan dalam bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang mendorong pengembangan sumber daya manusia.

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.