Dengan Semangat Kemerdekaan PLN Terjang Medan Sulit Bangun Taman Baca Dusun Goyo, Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat

oleh -554 Dilihat

REPORTASEMANADO Kotamobagu – Setelah sebelumnya sukses dengan berbagai Program Peningkatan Literasi Baca masyarakat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan pembangunan beberapa taman dan rumah baca masyarakat tersebar di Sulawesi Utara, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) tidak menunjukan tanda-tanda melambat pada upaya peningkatan tingkat kegemaran membaca (TGM) masyarakat.

Terbaru, PLN UID Suluttenggo melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu berhasil membangun taman baca bagi masyarakat Dusun Goyo, Desa Ollot 2, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pembangunan ini merupakan edisi lanjutan dari Program TJSL PLN dalam mendorong minat baca khususnya di Bolaang Mongondow Utara. Peresmian taman baca ini juga menjadi bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia.

Berdasarkan data Perpustakaan Nasional (Perpusnas), TGM masyarakat Indonesia sebesar 63,9 poin pada 2022 dengan Sulawesi Utara hanya 55,58 poin tertinggal jauh dari Yogyakarta pada peringkat pertama dengan 72,29 poin. Perhitungan TGM didasari lima aspek, mulai dari frekuensi membaca per minggu hingga durasi akses internet untuk bahan bacaan.

Tidak hanya bertolak belakang dari TGM, program taman baca ini sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diusung PLN sebagai bagian dari Kementrian BUMN dan tujuan program TJSL BUMN secara umum, salah satunya adalah pendidikan yang berkualitas. Pendidikan berkualitas dianggap dapat membuka jalan yang lebih luas pada ketersediaan lapangan kerja, peningkatan kualitas UMKM, hingga peningkatan perekonomian daerah dan nasional.

Dalam pembangunan taman baca Dusun Goyo, PLN UP3 Kotamobagu berkolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan komunitas baca “Alipa”. Dalam peresmian taman baca tersebut hadir Camat Bolangitan Barat, Kamil Pontoh S.Sos, Kepala Desa Ollot 2, Fadli Saad S.P, berbagai Tokoh Masyarakat, Manager PLN UP3 Kotamobagu, Anjar Widayatama hingga Masyarakat Dusun Goyo.

Dusun Goyo, Desa Ollot 2 sendiri terletak di daerah pegunungan yang membutuhkan upaya keras untuk mencapai daerah tersebut. Medan yang sangat sulit harus dilalui dengan menyebrangi sungai ditambah lagi media komunikasi yang sangat terbatas tidak menjadi halangan bagi PLN untuk menghadirkan pendidikan yang memadai bagi Dusun Goyo.

PLN memberikan bantuan berupa fasilitas rumah baca beserta fasilitas untuk mendukung pembelajaran seperti komputer, layar edukasi, buku-buku bacaan dan fasilitas pendukung lainnya. Seluruh bantuan dan fasilitas ini diharapkan dapat dimanfaaatkan masyarakat Dusun Goyo untuk meningkatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan baru. Khususnya anak-anak Dusun Goyo yang selama ini terkendala dengan akses karena lokasi dusun yang begitu jauh dari akses literasi yang layak.

Dalam sambutannya Anjar Widyatama menyampaikan semoga apa yang diberikan PLN melalui TJSL Taman Baca Masyarakat Dusun Goyo ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Telah dibangun rumah baca untuk Masyarakat Dusun Goyo, semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ujar Anjar.

Ia pun menyampaikan bahwa PLN berupaya lebih banyak berdampak bagi masyarakat dari hanya sekedar menyediakan listrik.

“Tidak banyak yang dapat kita berikan bagi anak-anak generasi penerus selain kesempatan untuk belajar, membuka jendela wawasan, dan melakukan akses informasi melalui taman baca ini,” ujarnya menambahkan.

Kamil Pontoh dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan pembangunan taman baca dan fasilitasnya bagi masyarakat Dusun Goyo, Desa Ollot 2.

“Terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan PLN, program ini tepat sasaran, yang dilakukan PLN menjawab kebutuhan Masyarakat Dusun Goyo,” tutur Kamil.

Apresiasi dan rasa bahagia pun diungkapkan Alin Pangalipa selaku masyarakat penerima bantuan yang sekaligus pengelola Taman Baca Alipa yang bekerja sama dengan PLN dalam penyerdiaan buku-buku bacaan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan untuk peningkatan literasi bagi masyarakat Desa Ollot 2, Dusun Goyo” ucap Pangalipa.

Begitu banyak program TJSL PLN yang memberi manfaat bagi masyarakat di seluruh penjuru Indonesia yang dapat dilihat langsung pada menu PLN Magazine di aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.