Kapolres Minahasa Gelar Jumat Curhat Bersama Warga Desa Kaayuran Atas di Langowan Selatan

oleh -531 Dilihat

REPORTASEMANADO, MINAHASA – Kapolres Minahasa, AKBP Ketut Suryana, SIK, SH, MM menggelar Jumat Curhat bersama tokoh masyarakat di Desa Kaayuran Atas Kecamatan Langowan Selatan, Kabupaten Minahasa, Jumat (28/04/2023).

Dalam arahannya, Kapolres Ketut mengawali dengan perkenalan diri sebagai Kapolres Minahasa yang baru, serta memohon doa restu dapat bertugas di Polres Minahasa dengan baik.

Mengenai Jumat Curhat ini, Kapolres mengatakan, kehadiran dan tujuan pelaksanaan kegiatan Jumat Curhat , yaitu agar Kepolisian dapat memperoleh saran, masukan dari masyarakat guna Polri yang lebih baik.

“Adapun saran dan masukkan daripada masyarakat yang ada akan dijadikan bahan evaluasi institusi Polri. Juga di daerah Minahasa ada kearifan lokal dan adat di dalamnya, ada pertemuan masyarakat, ada dialog masukan akan permasalahan,” lanjutnya.

Sementara dalam sesi dialog dan tanya jawab, Camat Langowan Selatan Donal Lumingkewas melaporkan bahwa di wilayahnya ada 3 desa yang memiliki tempat wisata yaitu Desa Kawatak, Rumbia, dan Temboan tapi ada masalah terkait masalah minuman keras (miras) ‘Captikus’ dan Bom Ikan yang sering terjadi di Desa Rumbia dan Temboan.

“Mengenai miras ‘Captikus’ merupakan kearifan lokal di daerah Minahasa bagi petani pembuat Captikus. Yang jadi masalah adalah penyalahgunaannya dan penyebarannya. Karena sesuai data terjadi tindak pidana dipengaruhi miras,” Kapolres menanggapi. “Akibat miras terjadi dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” katanya lagi.

Adapun soal Bom Ikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang berdampak pada rusaknya terumbu karang serta berbahaya bagi masyarakat dan ikan, kata Kapolres, akan ditindak lanjuti.

Jumat Curhat berlangsung dengan baik dengan mendapat apresiasi dari tokoh-tokoh masyarakat yang ada serta tokoh Agama.

“Sangat bangga mendapat kunjungan dari bapak Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana, SIK, SH, MM di Desa Kaayuran dalam acara Jumat curhat,” kata Yance Kaligis, seorang tokoh Agama yang hadir.

Kegiatan yang bertempat di rumah Keluarga Ardjono Reppie ini dihadiri oleh pejabat utama Polres Minahasa yang terdiri dari Kasi Humas IPTU Johan Rantung, Kasat Binmas Kompol Alex Karundeng, Kapolsek Langowan Selatan Iptu J.R. Sinaga, Camat Langowan Selatan Donal Lumingkewas dan jajaran Pemerintahan di Kecamatan Langowan, Perwakilan dari Danramil 1302 09 Langowan, Hukum Tua Kaayuran Atas Sherly Kembuan serta beberapa Hukum Tua desa sekitar. (reyntje)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.