Disaksikan Bupati Roring KTNA Minahasa dan P3C-NMN Adakan Penandatanganan MoU.

oleh -608 Dilihat

REPORTASEMANADO, MINAHASA – Betempat di perkebunan Tumangkokow, Desa Kopiwangker, kecamatan Langowan Barat, Kabupaten Minahasa, Bupati Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si, IPU ASEAN, Eng menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Perkumpulan Petani Pedagang Cabai Nyiur Melambai Nusantara (P3C-NMN) dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Minahasa, Jumat (21/04/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pencapaian Kabupaten Minahasa menjadi kabupaten sentra penghasil holtikultura cabai, mengambil peran meminimalisasi impor cabai serta membuka peluang eksport cabai organik, memberi dampak positif bagi prospek holtikultura cabai.

Bupati Minahasa Roy Roring dalam sambutanya mendukung kegiatan ini dan terus menghimbau warga untuk menyukseskan setiap program pemerintah.

“Saya mengapresiasi kedua organisasi ini yang boleh melaksanakan kegiatan ini. Memang selama ini kita mendatangkan cabe dari daerah lain. Saya mengajak kedepan marilah kita berkomitmen mengatasi masalah impor cabai ini dengan memanfaatkan benih dan potensi lokal. Kita boleh menjadi sentra tanaman cabe.
Saya selaku bupati menopang penuh kegiatan ini dan berharap warga masyarakat dapat menopang program pemerintah ‘Mari Menanam’,” terang Bupati Roring.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum P3C-NMN Ricky R.A Lumingkewas, S. Th menjelaskan maksud kegiatan ini yaitu untuk menjadikan daerah Sulut sentra tanaman cabe, perlu ada regulasi yang baik dan dukungan dari pihak terkait.

“MoU ini tujuanya adalah adanya tata kelola yang baik mengenai produksi cabe dari petani sampai harga pasaran sehingga ada keterkaitan antara petani dan pedagang, juga menjadikan Minahasa sebagai pelopor menuju provinsi sulawesi utara menjadi sentra tanaman cabe. MoU ini adalah langka awal yang kongkrit, nantinya kedepan kita meminimalisir impor cabe. Kita ada bibit lokal unggulan yang sudah di kembangkan oleh petani lokal yang hasilnya cukup baik. Tentunya kami mengharapakan dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah Minahasa,” jelas lumingkewas.

Selanjutnya disaksikan oleh Bupati Minahasa Royke Roring dilaksanakan penandatanganan MoU antara ketua KTNA Minahasa Dra. Fenny Ch. M. Roring Lumanauw, S.Ip dengan Ketua Umum P3C-NMN Ricky R.A Lumingkewas, S.Th.

Kemudian secara bergantian Bupati Roy Oktavian Roring, Ketua KTNA Fenny Roring Lumanauw, Ketua Umum P-3NMN Ricky Lumingkewas memberikan bibit cabe kepada sejumlah masyarakat dan kelompok tani yang ada.

Tampak hadir dalam kegiatan jajaran Pejabat Pemkab ini: Reviva Maringka, Vicky C.H Tanor , Maya Kainde , Lendy Aruperes, Camat se-Langowan Raya, para hukumtua se-Langowan Barat, Ketua pengurus KTNA Langowan Raya Jeakry Akob Tambaritji, Viksen Mumu, Perwakilan kelompok tani se-Langowan Barat dan lainnya. (hend/reyntje)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.