Siapkan 12 Hektar, Gubernur Olly Lakukan MoU Pembangunan Rumah ASN Pemprov Sulut Tanpa DP 

oleh -1510 Dilihat

REPORTASEManado,JAKARTA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bersama PT Taspen (Persero) dan PT Bank Sulawesi Utara Gorontalo (BSG) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama pembangunan rumah hunian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sulut ,Selasa (04/04/2023)

 

Penandatanganan dilakukan di Kantor PT. TASPEN (Persero), Jl. Letjend Suprapto No. 45 Cempaka Putih, Jakpus. Ditandatangani Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Direktur Utama PT Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih dan Dirut BSG Revino Pepah

Gubernur Olly mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berterima kasih karena hari ini kita bisa bersama-sama melakukan penandatanganan MOU pembangunan rumah buat ASN di Provinsi Sulawesi Utara tanpa uang muka.

 

 

“Kami berharap ini bisa cepatnya. Karena sudah disiapkan lahannya di 12 hektare di perbatasan Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara supaya aksesnya dekat ke kantor. Karena daerah itu masuk dalam pengembangan kota,” ungkap Gubernur.

Orang nomor satu di Provinsi Sulut ini menyebutkan, di Pemerintah Provinsi Sulut ada sekitar 6.000-an ASN belum memiliki rumah, di kabupaten kota juga ASN rata-rata tidak memiliki rumah. Kita akan dorong dibangun dekat kantor bupati masing-masing.

“Kira-kira yang akan terbangun semua rumah bagi ASN di Provinsi Sulut sekitar 15 ribu rumah,” ungkap Gubernur.

Karena itu, Gubernur Olly berterima kasih kepada PT Taspen dan BSG bersama-sama mewujudkan rumah hunian bagi ASN. “Kita doakan bersama-sama kegiatan ini bisa berjalan secepat sesuai dengan rencana,” harap Gubernur.

Sementara itu, Dirut PT Taspen mengatakan, untuk pembangunan rumah bagi ASN pihaknya menggunakan Kantor Cabang PT Taspen Manado.

“Nantinya kami akan kerjasama dengan Anak Perusahaan Taspen Property Indonesia untuk developing pembangunannya bekerjasama dengan kontraktor lokal. Kemudian untuk pembiayaan kerjasama dengan BSG yang menjadi mitra Taspen,” ungkapnya.

Menurut Dirut, PT Taspen membantu memfasilitasi bagaimana caranya ASN bisa layak mendapatkan kredit. Selama ini enggak pernah layak kredit. Karena tidak punya jaminan, mereka juga tidak punya uang untuk membayar DP.

 

“Kami bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Bank Sulutgo, seluruh pemerintah Kabupaten, kota. Sebab Bank Sulutgo yang menjadi bank pemerintah mereka dan juga bank pembayar pensiun mereka di Sulawesi Utara. Maka kita bisa bikin ini tanpa DP dan pembiayaan jangka panjang sehingga semua bisa jadi layak mendapatkan pembiayaan,” ungkapnya.

“Pembiayaan dan pembangunan properti itu dilakukan developer, jadi pembangunan juga kita awasi supaya benar pembangunannya semuanya. Tapi kita bukan kontraktornya, tugasnya kami mengoordinasi,” pungkasnya.

Diketahui, lokasi pembangunan rumah ASN kurang lebih 10 Km dari pusat Kota Manado, dapat ditempu dengan jarak 20-30 menit dari pusat pemerintahan menggunakan kendaraan. Lokasinya strategis berada di Jalan Ring Road II jalan Manado-Wori.

Akses dekat Bandara Sam Ratulangi dan tempat wisata Bunaken. Memiliki sarana lengkap Komersil, sarana olahraga, tempat ibadah, taman terbuka. Terdapat dua tipe rumah, tipe subsidi luas 36, tipe komersil luas 45 dengan luas tanah 105. Tahap pertama dibangun 150 unit tipe subsidi dan 25 tipe komersil. (Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.